Selasa, 16 November 2010 By: Semua Tentang ku

RESENSI BUKU

A. IDENTITAS BUKU
     a. Judul buku                  : Dibawah Lindungan Ka'bah
     b. Nama Penulis Buku    : Hamka (1908-1981)
     c. Nama Penerbit           : PT. Bulan Bintang
     d. Tempat Penerbit         : Jalan Kramat Kwitang 1 No. 8 Jakarta 10420, Indonesia
     e. Tahun Terbit               : 2001
     f. Jumlah Halaman           : 80 Halaman
     g. Harga Buku                : -


     h. Kertas Yang Digunakan 
        - Kertas Isi                : HVS 70 Gram
        - Kertas Sampul        : AC 180/ 210 Gram
     i. Warna Sampul            : Didominasi Warna Putih

B.RINGKASAN ( IKHTISAR ) BUKU
          Bulu ini menceritakan tentang perjalanan orang2 dari tanah air menuju ke Mekah untuk menjalankan ibadah Haji yaitu Rukun Islam yang kelima yang mana wajib dilaksanakan bagi mereka umat Islam yang telah mampu. Mereka adalah orang2 yang baik budi pekertinya, sopan tutur katanya, dan santun tingkah lakunya. Namun, hidup itu bagaikan pelangi yang berselir warna -warni ada suka duka, tawa tangis, senang sedih yang saling melengkapi satu sama lain dan menyelimuti perjalanan hidup yang panjang ini.
          Apabila Allah telah berkehendak akan sesuatu maka akan terlaksanalah dengan begitu mudahnya, pada akhirnya diantara mereka ada yang harus meninggalkan 1 dari 100 kenikmatan yang dikaruniakan oleh Allah kini dan nanti selebihnya yaitu Dunia yang penuh dengan misteri kehidupan. Mereka telah menutup usianya di tanah yang Suci ini.......... ( hanya garis besarnya )

C. KELEBIHAN BUKU
     * Didalam buku ini terdapat footnote ( catatan kaki ) sehingga bisa memperjelas dan memperkuat         suatu pernyataan. Akhirnya pembaca akan bisa mudah memahami hal yang dikemukakan dalam cerita tersebut
     * Selain itu, kalimat yang digunakan ialah kalimat deskriptif ( menngambarkan ) sehingga pembaca seolah-olah bisa membayangkan ( mengimajinasi ) dan merasakan kejadian yang sedang terjadi.
      * Ceritanya bisa tergambar dengan lengkap

 D. KEKURANGAN BUKU
      * Menurut saya, bahasa yang digunakan kurang komunikatif sehingga butuh pemahaman untuk bisa mengetahui jalannya cerita tersebut.

0 komentar:

Posting Komentar